Selasa, 18 Januari 2011

Lihat Komet Hartley, Yuk!

Duh, semoga saja nanti malam langit enggak mendung. Soalnya, Nesi mau melihat komet yang saat ini sedang dalam perjalanan mendekati pusat tata surya .

Lihat, komet Hartley 2 ini memang mirip seperti bintang yang kelap-kelip di langit. Memang harus benar-benar jeli melihatnya! Foto: stardustnext.jpl.nasa.gov
Menurut berita yang dikutip dari kompas.com , komet itu akan berada pada jarak terdekat dengan Bumi pada tengah malam sampai hari Kamis(21/10/2010) dini hari nanti.
Ssst, kita bisa melihat komet itu dengan mata telanjang saja, lho. Eh, maksudnya kita bisa melihat komet itu tanpa harus dengan teleskop atau alat lainnya. Asyik, kan!
Eits, tapi mata kamu harus benar-benar jeli untuk melihat komet ini karena komet tersebut hanya akan terlihat seperti titik cahaya saja di antara kerlap-kerlip bintang di langit.
Komet Hartley
Asal kamu tahu saja nih. Komet Hartley yang ditemukan oleh Marcom Hartley tahun 1986 ini, diameternya hanya 1,2 sampai 1,6 kilometer. Dan komet ini mengorbit dalam jangka waktu 6,46 tahun.
Menurut perkiraan, komet akan berada pada jarak paling dekat dengan Bumi pada hari Kamis (21/10) dini hari, sekitar jam 2 pagi.
Posisi komet ini akan berada di sebelah timur laut dekat bintang Capella. Coba saja perhatikan langit di malam hari, ya. Siapa tahu kamu bisa melihat komet itu lewat.
Eh, kalau leher kamu pegal melihat ke atas, sebaiknya pakai teleskop binokuler saja, ya. (Ervina/kidnesia/Tri Wahono/Kompas.com /Space.com )

0 komentar:

Posting Komentar

 

Pandu Putri Pamungkas Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template