Senin, 24 Januari 2011

Kotagede Kota Perak
Mencari perak di Yogyakarta? Kotagedelah tempatnya. Yuk, jalan-jalan cari perak yang cantik-cantik.



Ini dia, salah satu toko perak Kotagede yang aku datangi. Foto: Ricky Martin
Kotagede adalah nama sebuah kecamatan yang ada di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.
Tempat ini terkenal dengan sebutan "Kota Perak". Soalnya, di sinilah pusat para perajin perak tinggal.
Di sepanjang jalan utama Kotagede berjejer toko dan bengkel kerajinan perak beraneka ragam.
Kerajinan perak Kotagede memang selalu menarik perhatian para wisatawan lokal dan mancanegara. Banyak toko perak yang sekaligus memiliki bengkel pembuatan kerajinan perak.

"Pak, aku nanya boleh? Gimana sih, cara membuat perak yang bagus?" Foto: Ricky Martin
Eh, bengkel ini dibuka untuk siapa saja, kok. Siapa pun boleh melihat dan bertanya seputar pembuatan kerajinan perak. Tidak ada rahasia-rahasiaan!
Nah, asyik, kan? Kita bisa bebas melihat, bertanya, bahkan mencoba membuat perak sendiri, eh, tentu saja dibantu sama ahlinya, dong.
Kebebasan bertanya dan melihat-lihat ini menjadi salah satu kelebihan dan daya tarik Kotagede untuk dikunjungi oleh para wisatawan.
Tenang saja, mbak-mbak dan mas-masnya di sana ramah-ramah dan senang sekali membantu kita memahami cara membuat perak yang cantik dan bagus-bagus.

Coba lihat, di sepanjang jalan utama Kotagede, banyak bengkel dan toko perajin perak. Tinggal pilih deh, mau yang mana.. hehehe Foto: Ricky Martin
Tak Hanya Perak
Sebenarnya, kerajinan yang diproduksi di Kotagede bukan hanya perak, lho. Beberapa bengkel juga membuat kerajinan dari bahan kuningan dan tembaga.
Hanya saja, memang jumlahnya tak sebanyak penduduk yang menjadi perajin perak. Meskipun begitu, perak bukan satu-satunya yang menarik minat wisatawan.
Buat kamu yang suka belajar sejarah, Kotagede juga memiliki situs-situs bersejarah, seperti Makam Panembahan Senopati dan bangunan-bangunan tua yang berasitektur indah.

Gimana? Tertarik untuk mengunjungi kota ini? Yuk, sama-sama Nesi ke Kotagede. (Ervina/Kidnesia/Joko/Potneg)

0 komentar:

Posting Komentar

 

Pandu Putri Pamungkas Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template