Senin, 24 Januari 2011

Wueenaknya Gudeg Yogya
Gudeg Yogya = Kolak nangka??



Gudeg kering, khas Yogya. Foto: dok. kidnesia
Gudeg adalah makanan khas kota Yogyakarta. Rasanya belum lengkap kalau ke Yogya tak makan makanan yang satu ini.
Pada awalnya, gudeg adalah makanan tradisional masyarakat biasa. Makanan ini tidak lahir dari dalam lingkungan Keraton. Orang dari luar kota Yogya ada yang menyebut Gudeg sama dengan kolak nangka. Hmm, kenapa ya? Mungkin karena hampir semua rasanya manis dan gurih, ya?
Gudeg adalah sayur nangka yang diolah khusus. Bahan utamanya adalah buah nangka muda, yang dalam bahasa Jawa disebut gori . Buah ini dapat dijumpai dengan mudah di kebun-kebun masyarakat Yogya.
Gudeg itu ada dua macam, yaitu gudeg basah dan gudeg kering. Gudeg basah hanya dimasak satu kali dengan direbus hingga airnya habis. Gudeg kering harus dimasak terus-menerus hingga benar-benar kering.
Gudeg kering lebih tahan lama daripada gudeg basah. Gudeg kering biasanya dijadikan sebagai oleh-oleh. Gudeg ini ada yang dikemas didalam besek (wadah dari anyaman bambu) atau dalam kendil (guci dari tanah liat yang dibakar).
Gudeg ini memang rasanya manis dan gurih. Biasanya dimakan dengan nasi hangat. Lauk pelengkapnya adalah daging ayam kampung, telur bebek dipindang yang kemudian direbus, dipadu dengan sayur tempe dan sambal krecek (terbuat dari kulit sapi). (Joko Setyo Purnama/Potret Negeriku)
Hayooo.. siapa yang suka makan gudeg??
Editor: Ervina/kidnesia

0 komentar:

Posting Komentar

 

Pandu Putri Pamungkas Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template