Sabtu, 19 Oktober 2013

Praktikum PHP #2



Assalamualaikum…
So sorry for this very very very late post, huaaaaaaaaa! :(
Dari kemaren-kemaren belum juga nemu jodoh (re: koneksi internet) atau kalo jodoh lagi dateng, Molitnya lagi sibuk. Halah alibi, bilang aja males :D
Dan sekarang setelah jodoh datang dan suasana hati lagi bagus untuk merangkai sedikit kata *loh* marilah kita selesaikan tugas ini, sebelum yang lain pada datang dan akhirnya numpuk pada ngantri di daftar utang (dasar suka ngutang! :D)
            Daaaan…. Daripada kebanyakan basa-basi dan akhirnya malesnya datang lagi, lets we start to do ‘the second PHP’s Praktikum’.  Nah, pada Praktikum PHP yang kedua ini, kita akan belajar tentang Komentar dan Variable!
            Langkah pertama adalah buka program yang dapat digunakan untuk megerjakan PHP, pada praktik ini Molit menggunakan Adobe Dreamweaver CS 6, karena sudah jatuh cinta dengan program ini, hihi. 

            KOMENTAR
            So, what is Komentar?
Komentar? No, no, komentar disini yang kita maksud bukan komentar seperti yang biasanya kita lihat pada talkshow-talkshow yang ngomentarin kehidupan pejabat, artis, dan apalah itu omong kosong entertainment. But, pada dasarnya, komentar pada PHP hampir sama dengan komentar-komentar pada dunia entertainment sih (tuhkan mbulet lagi. Ah Molit memang tak pandai berkata-kata).So, komentar pada PHP fungsinya adalah sebagai tanda/maksud dari script yang digunakan. Penulisan komentar pada PHP adalah dengan menggunakan tanda “//”. Masih bingung? Hm, mari kita praktekkan contoh komentar, supaya kita lebih mudah memahami. Silahkan ketikkan script di bawah ini

Nah, setelah di live view, maka yang keluar adalah

Jadi, sudahkah bisa mengambil kesimpulan dari komentar? :)
 
VARIABEL
Mari kita beranjak pada keyword berikutnya, Variabel.
Variable, pada matematika, adalah suatu tempat untuk menampung data. Nah, konsep variable pada matematika juga berlaku untuk variable pada PHP. Penulisan variable pada PHP diawali dengan tanda “$” (contoh: $Nama)
Aturan dalam penulisan variable:
1.   Nama variable dapat ditulis dari kombinasi huruf dan angka (contoh: $Nama1)
2. Karakter pertama nama variable dengan menggunakan huruf, tidak boleh angka atau symbol.
3.     Nama variable adalah case sensitive. (contoh: $Kota tidak sama dengan $kota)
4.    Jika nama variable terdiri dari 2 kata, dapat dipisah dengan menggunakan tanda underscore “_” atau digabung penulisannya (contoh: $nama_panggilan atau $namapanggilan)
Variable dapat diisi dengan 8 tipe data yang dikenali oleh PHP (Boolean, integer, decimal, string, array, object, resource dan null)
Dan, cara pengisian nilai pada suatu variable diawali dengan tanda “=”, diapit oleh tand “”(untuk penulisan dengan tipe data string) dan diakhiri dengan tanda “;”
Contoh : $tanggal_lahir = “1 April 1997”;
 Untuk variable bertipe data angka atau numeric, penulisan isi dari variable dapat dilakukan dengan beberapa cara, yaitu:
1.      $nomor = 34; //tidak menggunakan tanda petik
2.      $nomor = ‘34’; // dengan single quote
3.      $nomor = “34”; //dengan double quote
Penulisan variable dengan cara diatas tidak mempengaruhi hasil output.
Pemanggilan variable dapat dilakukan dengan berbagai cara, yaitu:





Nah, ini ada sedikit tambahan tentang pemangilan variable dan operasi matematika. Langsung saja, ketikkan script dibawah ini:

Dari ke-3 cara pemanggilan dan pengoperasian matematika diatas, dapat disimpulkan bahwa:
1.      Jika kita memanggil sebuah variable dan mengoperasikannya diantara tanda petik dua “”, maka yang ditampilkan ke output adalah isi dari variable tersebut beserta operasi matematikanya.
Contoh: echo "$angka1*$angka2<br>";
Maka yang akan ditampilkan pada hasil pengeluaran adalah  3 * 4
2.      Jika kita memanggil sebuah variable dan mengoperasikannya tanpa/diluar tanda petik dua “”, maka yang ditampilkan ke output adalah hasil dari operasi matematikanya.
Contoh 1: echo $angka1*$angka2. "<br>";
Maka yang akan ditampilkan adalah 12
Contoh 2: echo $angka1+$angka3;
Maka yang akan ditampilkan adalah 8
3.      Tanda titik pada echo $angka1*$angka2."<br>";  digunakan untuk menghubungan variable string dengan string

Dan, tibalah kita pada penghujung Praktikum PHP 2, yaitu Tugas! Lets do the task! So, make a new document PHP, then write the script
SCRIPT 1



Hasil Script 1 di Live View:
 
Hasil Script 1 di Firefox:




SCRIPT 2
 
Hasil Script 1 di Live View:
 
Hasil Script 1 di Firefox:
 
Dari kedua sricpt diatas, dengan cara pemanggilan variable yang berbeda, ternyata setelah di live view, memiliki hasil output yang sama. Jadi, baik script yan pertama maupun yang kedua, sama-sama dapat digunakan. Sesuai dengan selera hati anda J Kalo Molit sih, lebih suka dengan script yang pertama, hihi.  

Daaaaaaan…….
Sampai disini dulu ya, udah malem nih. Molitnya ngantuk, semoga apa yang Molit share bermanfaat dan selamat tiduuuuuur :)

PS: Thanks for Pak Hadi untuk ilmunya, Serena Snack dan lagu-lagu MLTR yang udah mau menemani Molit.

xoxo Molit

0 komentar:

Posting Komentar

 

Pandu Putri Pamungkas Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template